Logo PG-TK 2 Darul Hikam

Sekolah Islam Bandung, TK di Rancaekek Kabupaten Bandung, Darul Hikam, TK 2 Darul Hikam Rancaekek

Keunggulan PG-TK 2 Darul Hikam:


Keunggulan Sekolah PG-TK Darul Hikam 2

1. Pengembangan Akhlak

Pelaksanaan kegiatan pengembangan akhlak dilaksanakan melalui proses pembiasaan harian yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa dan terintegrasi melalui nilai TCB (Taqwa Character Building) yaitu ikhlas, sabar, amanah, disiplin, peduli, cerdas, dan ikhsan sehingga dapat mewujudkan siswa yang memiliki pembiasaan dan karakter baik pada diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan. Sebagai contohnya, siswa dapat terbiasa mengimplementasikan 5 kata Ajaib pada kehidupan sehari-harinya seperti senantiasa mengucapkan tolong ketika meminta bantuan, mengucap terimakasih ketika diberikan bantuan, mengucap salam jika bertemu dengan orang lain, mengucap permisi ketika berjalan melewati orang lain, serta mengucap kata maaf jika berbuat salah. Selain itu, proses pengembangan karakter yang senantiasa diimplementasikan juga mampu menjadikan siswa untuk senantiasa berperilaku disiplin, sopan, santun, serta dapat menyayangi segala bentuk ciptaan Allah. 

 

2. Islamic Montessori 

Islamic Montessori ini merupakan sebuah metode pembelajaran yang disesuaikan dengan bakat dan minat sehingga dapat memberikan dampak positif bagi proses tumbuh kembang siswa menjadi lebih optimal. Melalui proses kegiatan ini mampu mewujudkan siswa yang memiliki kematangan secara perkembangan serta siap dalam memasuki jenjang sekolah dasar. Selain itu dengan diimplementasikannya kegiatan Islamic montessoriini, siswa dapat melakukan pemecahan masalah, dapat survive dilingkungan yang baru, memahami dan melakukan beragam aturan yang telah dilakukan, siap memasuki kehidupan selanjutnya, serta menjadikan siswa lebih percaya diri dan mandiri. Pelaksanaan kegiatan Islamic Montessori ini juga terdiri dari 5 area exercise yaitu area practical life yang berhubungan dengan aktivitas life skill yang dapat membantu siswa dalam kehidupan kesehariannya seperti kegiatan (menyendok, menuangkan, mengancingkan baju, melipat, dan lain sebagainya), area sensorial dimana menjadi media bagi siswa dalam memahami konsep dasar seperti memahami (berat, ringan, Panjang, pendek, dan lain sebagainya), area language dimana siswa dapat mengenal aspek perkembangan Bahasa dan sebagai dasar bagi kemampuan membaca melalui media yang menyenangkan, Area Math yang berhubungan dengan kemampuan berhitung, dan area culture dimana siswa dapat menngeklsplorasi beragam hal tentang dunia seperti tanaman, binatang, bumi dan lain sebagainya. 5 area yang diimplementasikan dalam proses kegiatan pembelajaran ini terintegasi dengan pengembangan islami, sehingga bukan hanya pengetahuannya saja yang dikembangkan melainkna siswa dapat memahami nilai-nilai islami dari kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga mampu menanamkan rasa kecintaannya terhadap Allah.  

 

3. Al-Qur'an 

Pengembangan Al-Qur’an juga merupakan keunggulan yang ada di PG-TK Darul Hikam 2. Kegiatan ini, terintegrasi dalam proses pembiasaan kegiatan dan dilaksanakan pengulangan melalui metode yang menyenangkan serta memudahkan siswa dalam memahaminya. Dalam proses pelaksanaannya, siswa dapat memahami beragam adab yang dapat dilaksanakan pada kehidupan sehari-harinya melalui proses pembiasaaan mengenal dan mengimplementasikan do’a-do’a harian dalam beragam aktivitas kegiatan. Selain itu, siswa juga dapat melafalkan surat-surat pendek, mengenal huruf hijaiyah yang tujuannya dapat menanamkan kecintaan siswa terhadap Al-Qur’an.mengenal dan memahami bacaan shalat juga merupakan keunggulan lainnya yang ada dalam proses pengembangan Al-Qur’an degan harapan nnatinya siswa dapat terbiasa untuk melaksanakan ibadah shalat yang merupakan implementasi dari rukun islam yang ke lima.